Home / Berita Terkini / Menteri Agama Rumuskan Tipologi Islam Indonesia dalam Pembukaan AICIS 2016

Menteri Agama Rumuskan Tipologi Islam Indonesia dalam Pembukaan AICIS 2016

resmikan-aicis

Bandar Lampung: Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan dan membuka acara AICIS 2016 yang dilaksanakan di IAIN Raden Intan Lampung. Menteri Agama berharap hasil dari pertemuan cendekiawan dunia dapat memberikan kontribusi positif bagi peradaban dunia, terutama Islam Indonesia yang dianggap sebagai Islam yang modern dan moderat. Karenanya, Menteri Agama berharap, para cendekiawan dapat merumuskannya secara komprehensif.

“Setidaknya ada tiga cirri utama Islam Indonesia. Pertama, moderasi. Islam Indonesia adalah Islam yang berkemajuan. Sebab nilai-nilai Islam di Indonesia disebarluaskan dengaan paham moderat dan berkesimbangan. Kedua. Islam Indonesia mampu menjaga tradisi yang berkembang sebelumnya. Dan ketiga, Islm Indonesia merupakan perwujudan Islam dan Indonesia yang memiliki khas Indonesia seperti pepatah “hubbul wathan minal iman” merupakan kalimat yang dikenal hanya di Indonesia. Negara lain tidak mempunya pepatah tersebut”, papar Menteri Agama.

Menteri Agama juga menjelaskan bahwa Islam Indonesia telah lama menghargai eksitensi wanita, dimana Islam Indonesia, wanitanya sudah lumrah mengendari mobil bahkan hakim saja di Indonesia sudah banyak wanitanya.

“Karena itu, jika rumusan Islam Indonesia telah terkonsep, pemikiran selanjutnya adalah bagaimana menyosialisasikan Islam Indonesia ke seluruh dunia,” ujarnya. (Abdul Qodir Zaelani)

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2020-11-25 at 07.16.34

Yudisium FS ke-3 Berjalan Sukses, Dekan “Jadilah Mahasiswa Berilmu dan Berakhlak Mulia”

Mata Pena: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan Yudisium periode ke-3 yang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *