Home / Berita Terkini / Mahasiswa Fakultas Syariah Belajar Mengukur Arah Kiblat

Mahasiswa Fakultas Syariah Belajar Mengukur Arah Kiblat

WhatsApp Image 2022-12-02 at 07.04.40

Bandar Lampung: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung sukses melaksanakan Praktikum Arah Kiblat, Sabtu (12/11/2022). Di Halaman Fakultas Syariah.

Kegiatan ini digelar selama tiga hari dan diikuti oleh mahasiswa HKI, HTN, dan HES yang telah mengikuti perkuliahan ilmu Falak. Kegiatan Praktikum ini dipandu oleh dosen ilmu falak yakni H. Rohmat, S.Ag., M.H.I., dan Dr. Fauzan, M. HI.

Dr. Fauzan, M. HI. Dosen Pendamping Praktikum Ilmu Falak menjelaskan bahwa praktikum ini adalah bentuk aktualisasi keilmuan yang sebelumnya mahasiswa diberikan materi perhitungan arah kiblat dan cara penggunaan alat bantu untuk menentukan arah kiblat.

Senada dengan hal tersebut H. Rohmat, S.Ag., M.H.I. H. Rohmat, S.Ag., M.H.I. Ketua Laboratorium Ilmu Falak mengatakan sebagai mahasiswa Fakultas Syariah harus mengetahui cara menentukan arah kiblat sebagai salah satu syarat dari sahnya sholat.

H. Rohmat, S.Ag., M.H.I. mengungkapkan mahasiswa telah mempraktikan secara langsung untuk mengukur arah kiblat menggunakan kompas, diantaranya theodolit, mizwala dan segitiga siku-siku. Untuk mizwala memanfaatkan bantuan sinar atau cahaya mata hari.

“Alhamdulillah pada saat praktikum cahaya mata hari cukup mendukung sehingga keempat metode ini dapat diaplikasikan,” ujar  H. Rohmat, S.Ag., M.H.I. (Rudi, Muin, Hendri, Arif, Jayus, Riski)

About admin

Check Also

7DD120FE-EE77-4134-8708-5C9CF8E50E20

Puisi: Masa Sulit

Masa Sulit Reycinta Utami Putri Aktivis Mata Pena Hukum Keluarga Islam  Duduk termenung disudut ruang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *