Fakultas Syari’ah Tingkatkan Mutu Dosen dengan Pelatihan Jurnal Internasional

IMG_20170927_145145

Bandar Lampung: Fakultas Syari’ah tak pernah libur dengan kegiatan-kegiatan pelatihan guna untuk peningkatan mutu dosen-dosennya. Kali ini,  Fakultas Syari’ah mengadakan “Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Internasional” dengan sasaran Dosen-dosen Fakultas dengan menghadirkan narasumber Dr. Arif Maftuhin, MA pengelola Jurnal Al-Jami’ah dari UIN Yogyakarta.  Pelatihan ini diselenggarakan selama 2 hari yakni, Rabu-Kamis (27-28/9/2017) di Gedung ICT lantai 3.

Dr. Alamsyah,  M.  Ag selaku Dekan Fakultas Syari’ah menganggap bahwa jurnal international ini sangat penting untuk dimiliki para akademisi yang ingin naik ke jenjang lebih tinggi.

“Jurnal internasioanl terindeks scopus di Indonesia masih sangat sedikit hanya beberapa perguruan tinggi saja. Apalagi yang mengenai kajian-kajian keislaman.  Pada era 2000,  pemilikan jurnal internasional tidak terlalu berdampak.  Bahkan ketika tidak memilikanya pun tidak terlalu tertekan. Namun,  setelah tahun sekitar 2010-an ke atas,  para doktor-doktor berlomba-lomba untuk memiliki jurnal internasioanl sehingga kemudian dikeluarkan regulasi mengenai keharusan memiliki jurnal internasional,” kata Dekan FS tersebut pada saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan pelatihan tersebut,  Rabu (27/09/2017)

Dr.  Alamsyah,  M. Ag,  sebagai Dekan berharap narasumber dapat menjelaskan mengenai kriteria dan syarat sebuah jurnal masuk dalam jurnal internasional. Lalu bagaimana caranya agar ada peluang besar untuk jurnal-jurnal bisa diterbitkan.

Setelah selesai acara pembukaan,  kegiatan dilakukan dengan pemaparan pengantar mengenai jurnal internasional dan praktiknya oleh narasumber. (Siti Zubaidah)

About admin

Check Also

Respon Kebutuhan Dunia Kerja, Fakultas Syariah Gelar Workshop Kurikulum OBE dan MBKM

Bandar Lampung: Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung menyelenggarakan workshop penyusunan kurikulum berbasis …