Home / Berita Terkini / Tiga Program Unggulan Fakultas Syariah di Bahas dalam RAKER UIN RIL

Tiga Program Unggulan Fakultas Syariah di Bahas dalam RAKER UIN RIL

WhatsApp Image 2023-01-25 at 13.22.48

Bandar Lampung: Rapat Kerja (Raker) Pimpinan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung tahun 2023 secara resmi dibuka. Bertempat di Ballroom Gedung Akademik dan Riset Center, Raker dibuka dengan penabuhan rebana bersama oleh para pimpinan, Selasa (24/1/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama 5 (lima) hari dan mengusung tema Tata Kelola Perguruan Tinggi Unggul Menuju Rujukan Internasional  ini akan membahas berbagai program kerja yang akan dilakukan selama tahun 2023. Dengan tujuan untuk menghasilkan rumusan-rumusan yang jelas dalam mencapai target yang telah ditentukan sesuai Indikator Kinerja Utama (IKU).

Ada tiga hal utama yang akan difokuskan dalam program kerja tahun ini, yaitu internasionalisasi, digitalisasi dan kemandirian kampus sebagai layanan pendidikan.

Upaya mewujudkan program Universitas, Dekan Fakultas Syariah Dr. Efa Rodiah Nur, MH memiliki program yang beroriantasi pada internasionalisasi, digitalisasi dan kemandirian.

Dr. Efa Rodiah Nur, MH menjelaskan tiga program tersebut, pertama internasionalisasi, program ini akan memberikan peluang dosen untuk mempresentasikan makalah dan mempublikasikannya, tentu hal ini akan menambah reqognisi dosen, terlebih untuk akreditasi, kemudian rekrutmen mahasiswa asing dari berbagai negara, alhamdulillah saat ini di fakultas syariah sudah ada 2 mahasiswa dari negara palestina, mendorong akreditasi jurnal sinta dan Scopus, Jurnal Al-Adalah dari Sinta 2 Menuju Scopus dan Tiga Jurnal Prodi Terakreditasi Sinta. memperoleh akderitasi unggul, mahasiswa selesai studi dibawah 4,5 tahun dengan IPK 3,25, memperbanyak luaran penelitian bereputasi, mendorong dosen melakukan studi lanjut ke luar negeri.

“Kedua layanan prima dalam sistem akademik dan kepegawian, pembelajaran menggunakan E-Learning, optimalisasi website dan medsos, aplikasi surat menyurat secara digital, penggunaan E-Sertifikat setiap kegiatan,” kata Dekan Fakultas Syariah.

Ketiga lanjutnya, pemberdayaan Laboratorium falaqiyah, selama ini lab ini mendapat pengakuan dari masyarakat, namun masih individualistik. Dengan pemberdayaan dan pengelolaan yang profesional bisa mendapatkan pendanaan dari pemerintah maupun swasta. Akreditasi LKBH Fakultas Syariah selama ini masih berjalan sendiri-sendiri. Sehingga jika sudah terakreditasi dan mendapat pengakuan dari publik bisa mendapat dana dari pemerintah, khususnya KEMENKUMHAM. Mendorong mahasiswa dan pegawai Syariah berbelanja di UIN Mart dan transaksi bank sampah.

Menurut Dr. Efa Rodiah Nur, MH Internasionalisasi, Digitalisasi dan Kemandirian Perguruan Tinggi haruslah dimulai dengan komitmen internal perguruan tinggi akan pentingnya tiga hal tersebut. Fokusnya adalah tentang mempersiapkan dosen dan mahasiswa untuk dunia global. Namun pada saat yang sama, tujuan ini tidak akan tercapai tanpa melalui mobilitas internasional dan kemitraan. (Rudi, Muin, Arif, Jayus, Hendri)

About admin

Check Also

IMG_20230112_145239

Puisi: Asa dan Rasa

Asa dan Rasa Yulia Putri Aktifis Mata Pena Hukum Ekonomi Syariah Perihal kalimat indah dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *