Home / Berita Terkini / (Spesial Ramadhan) Ramadhan Bersama al Qur’an

(Spesial Ramadhan) Ramadhan Bersama al Qur’an

Screenshot_20190513-171225_1

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya Al Qur’an diturunkan, Al Qur’an yang selama ini kita jadikan pedoman dan rujukan dari setiap perkara, dan sumber petunjuk bagi setiap orang yang menginginkan kehidupan yang baik di atas naungan hidayah Allah ta’ala.

Allah swt berfirman :

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya di turunkan Al Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan pembeda.” (QS. Al Baqarah 185)

Hari ini kaum muslimin berlomba lomba untuk memeriahkan bulan Ramadhan dengan memperbanyak bacaan Al Quran, ini adalah satu contoh realisasi daripada rasa syukur kaum muslimin untuk menghidupkan bulan Ramadhan, yang tidak lain adalah bulan Al Qur’an.

Setidaknya ada tiga keutamaan al Quran yang Rasulullah kabarkan kepada kita, tiga keutamaan tersebut :

1. Pertama, orang yang pandai membaca Al Qur’an dan pandai memahaminya maka Allah akan menempatkannya bersama malaikat malaikat mulia. Rasulullah bersabda :

المَاهِرُ بِالقُرْآنِ مَعَ السَفَرَةٍ الكِرَامِ البَرَرَةِ

“Orang yang pandai membaca dan memahami al Qur’an, maka akan bersama malaikat malaikat yang mulia”.

“Al Mahir bil Quran” maknanya adalah orang yang ahli atau pandai, yakni pandai dalam melantunkan Al Qur’an dan pandai atau mahir pula dalam memahami isi ajarannya. Orang yang seperti ini akan bersama malaikat yang mulia disisi Allah, begitu mulianya derajat seorang pelantun ayat suci Al Quran di sisi Allah, sehingga di samakan derajatnya bersama para malaikat Allah.

2. Kedua, membaca Al Qur’an adalah ibadah yang membuahkan pahala berlipat ganda.

Rasulullah bersabda :

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ“
“Dari Abdullah bin Mas’ud ra bahwa Rasulullah saw bersabda, “barang siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan di lipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan, aku tidak mengatakan _alif laam miim_ satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf”.

3. Ketiga, kelak di hari kiamat Al qur’an akan mendatangkan syafaat bagi mereka yang membacanya.
Rasulullah bersabda :

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Abu Umamah Al Bahily ra berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah saw bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya”.

Kelak di hari kiamat, saat tak ada lagi yang kita mampu banggakan kecuali amal shalih, Al qur’an akan memberikan kita syafaat tatkala hari ini kita senantiasa membacanya.

Tentunya masih banyak keutamaan keutamaan lain yang kita dapatkan dalam membaca Al qur’an, semoga momentum Ramadhan tahun ini, menjadikan kita hamba hamba yang senantiasa menghiasi harinya dengan Al Qur’an, dan membuat kehidupan kita semakin baik, saat Ramadhan maupun setelahnya.

Penulis:

Ferdinand Agraha, mahasiswa Kelas Internasional Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung.

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2020-11-25 at 07.16.34

Yudisium FS ke-3 Berjalan Sukses, Dekan “Jadilah Mahasiswa Berilmu dan Berakhlak Mulia”

Mata Pena: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan Yudisium periode ke-3 yang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *