Home / Berita Terkini / Ramadhan Ladang Mencari Pahala

Ramadhan Ladang Mencari Pahala

Kumaidi Ja'far

Bulan yang dinanti telah tiba. Bulan seribu bulan telah menyapa. Ada banyak peluang kebaikan yang Allah telah bukakan untuk umat manusia. Nilai kebaikan akan dilipatgandakan.

Pada bulan ini Allah membukakan pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dirantailah syetan-syetan. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Ketika Ramadhan datang maka dibukalah pintu-pintu surga, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan dirantailah syetan-syetan. (Hadits Riwayat Al-Bukhari nomor 1899, dn Muslim nomor 1079).

Berdasarkan hadis ini, H. A. Khumedi Ja’far, M.H., Ketua Jurusan Muamalah menyatakan dengan dibukakan pintu surga berarti dibukakan semua peluang amal kebaikan yang menghantarkan seseorang ke surga, “Pada bulan ini Allah memberikan kesempatan kepada umat Muslim yang beriman untuk memanfaatkan bulan ini sebagai ladang pahala, karena belum tentu tahun depan kita dipertemukan lagi pada bulan Ramadhan”.

Menurutnya, agar puasa seseorang sempurna maka melakukan berbagai amal ibadah merupakan jalan menuju kesempurnaan, “Ada banyak cara yang bisa kita lakukan pada bulan ini. Kita bisa melaksanakan ibadah wajib dan sunnah. Pahala ibadah sunnah akan dinilai layaknya ibadah wajib, dan ibadah wajib akan dilipatgandakan lagi. Pada bulan ini, selain menahan rasa lapar dan haus juga harus menjaga mata, lisan, telinga, hati dan seluruh panca indera. Harapannya, pada Ramadan tahun ini, dengan banyak beribadah kepada Allah, akan bisa meningkatkan kualitas iman kita dan bisa lebih baik lagi amal ibadah kita di banding Ramadan tahun lalu”, ungkapnya. (Abdul Qodir Zaelani)

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2020-11-25 at 07.16.34

Yudisium FS ke-3 Berjalan Sukses, Dekan “Jadilah Mahasiswa Berilmu dan Berakhlak Mulia”

Mata Pena: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan Yudisium periode ke-3 yang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *