Home / Berita Terkini / Prof. Dr. H. Moh Mukri, M.Ag : “FSH Harus Menjadi Media Untuk Mentransformasikan Nilai-nilai Hukum di Indonesia”

Prof. Dr. H. Moh Mukri, M.Ag : “FSH Harus Menjadi Media Untuk Mentransformasikan Nilai-nilai Hukum di Indonesia”

15338846_1157502450963643_2462497617935558799_n

Bandar Lampung: Rektor IAIN Raden Intan Lampung memberikan sambutan sekaligus membuka acara Seminar Nasional yang bertajuk Kedudukan Fatwa MUI dalam Tata Hukum Indonesia secara resmi. Acara yang diagendakan oleh Fakultas Syariah dan Hukum ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna FSH IAIN Raden Intan Lampung,  Kamis (8/12/2016).

Dalam sambutannya Prof. Mukri mengatakan bahwa MUI saat ini menjadi Man of The Year, fatwanya menjadi trending topic dimana-mana. Seminar ini menjadi sangat menarik karena mengusung tema yang aktual dan kekinian.

“Saya sangat mengapresiasi FSH mengadakan acara ini, disampaikannya seminar ini untuk menyadarkan kita, bahwa kita masih ada di Indonesia dan kita sepakat bahwa Indonesia dahulu dibangun oleh semangat kebhinekaan. Kita akan melihat dimana posisi Fatwa MUI dalam tatanan hukum di Indonesia,” ungkap Rektor.

Prof. Mukri menambahkan bahwa masyarakat harus tau dan harus diedukasi, bahwa bangsa ini merupakan bangsa yang majemuk dan fatwa merupakan suatu pendapat dan penjelasan hukum yang dikeluarkan oleh Ormas Islam pada dasarnya bersifat tidak mengikat.

Fatwa saat ini dipengaruhi oleh keadaan sosial dan kondisi perpolitikan di Indonesia. “Politik merupakan panglima dalam hal bernegara, mindset masyarakat yang mengatakan tidak boleh berpolitik merupakan mindset yang dibangun kolonial Belanda, itu merupakan suatu pembodohan kita harus bisa merubah itu. FSH harus menjadi agen, menjadi media untuk mentransformasikan nilai-nilai hukum di Indonesia,” harap Prof. Mukri. (Nur Fatmawati Anwar)

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2020-11-25 at 07.16.34

Yudisium FS ke-3 Berjalan Sukses, Dekan “Jadilah Mahasiswa Berilmu dan Berakhlak Mulia”

Mata Pena: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan Yudisium periode ke-3 yang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *