Home / Berita Terkini / Piagam Madinah Sebagai Contoh Konkrit Berdemokrasi

Piagam Madinah Sebagai Contoh Konkrit Berdemokrasi

IMG-20170524-WA0023

Bandar Lampung: Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Raden Intan Lampung, Dr. Alamsyah, M.Ag., memberikan sambutan dalam seminar “Pilkada dan penguatan Demokrasi di Indonesia”,  Rabu (24/5/17) di GSG UIN Raden Intan Lampung

“Sebentar lagi kita akan melaksanakan pilkada pada tahun 2018 dilanjutkan pilkada tahun 2019.  Dua hari yang lalu tiga Bupati di Lantik di Lampung. Kekuatan dan hasil dari pilkada 2017 dan 2018 ini menjadi barometer kekuatan dan jumlah suara untuk pilkada selanjutnya,” kata , Dr. Alamsyah, M.Ag

Ada yang mengatakan demokrasi bertentangan dengan islam karena demokrasi berasal dari barat bukan dari Arab. Dekan FSH menjelaskan, Demokrasi  jangan dilihat kulitnya saja tapi lihat substansinya. Esensi demokrasi adalah persamaan kebebasan dan keadilan semuanya beresensi dalam Islam.

“Wasyawirhum fil amri, sebagai pedoman dalam berdemokrasi tidak boleh ada diktator. Semuanya bermuara dalam musyawarah, itu inti substansinya,” terang Dekan FSH.

“Rasulullah mencontohkan piagam madinah sebagai hasil kesepakatan bersama dari berbagai elemen yang terdapat di Madinah yang isinya tidak boleh menganiaya, menyakiti apalagi membunuh. Piagam madinah inilah sebagai contoh dalam berdemokrasi.” tegas Dekan FSH (Dewi Yulianti)

,

About admin

Check Also

IMG_9033

Fakultas Syariah – Dua Pengadilan Agama Teken Kerjasama

Bandar Lampung: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung melakukan penandatanganan MoU dengan dua Pengadilan Agama …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *