Home / Berita Terkini / Pengelola Jurnal IAIN Raden Intan Berbagi Wawasan di STAHN Gde Pudja Mataram

Pengelola Jurnal IAIN Raden Intan Berbagi Wawasan di STAHN Gde Pudja Mataram

img_8152_1

Lombok: Salah satu pengelola jurnal di lingkungan IAIN Raden Intan, Abdul Qodir Zaelani, M.A., Pengelola Jurnal al-‘Adalah: Jurnal Hukum Islam didampingi Muhammad Syazili, M.Si., berkesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan berkaitan dengan kepengelolaan jurnal berbasis Open Journal System yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram dengan tema kegiatan Workshop Manajemen Pengelolaan Jurnal dan Pelatihan Penggunaan Open Journal System yang bertempat di Golden Palace Hotel Lombok, (Selasa-Rabu, 22-23/11/2016).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 peserta terdiri dari pimpinan dan pengelola jurnal dan IT dari STAHN Gde Pudja Mataram dan pengelola jurnal perguruan tinggi lainnya yang berasal dari NTB dan Jakarta. Perguruan Tinggi yang mengikuti workshop tersebut berasal dari STAHN  Gde Pudja Mataram, Dharma Acarya, Dharma Duta, Dharma Sastra, Brahma Widya, Universitas Mataram, Akpar, Universitas Saraswati, STP Mataram, Unizar, STIE AMM, STMIK GORA, IKIP Mataram, IAIN Mataram, dan Pasupati Jakarta.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri, Dr. Ni Putu Listiawati, SE., Ak., M.M., dalam sambutannya merasa bahagia bisa melaksanakan workshop Open Journal System. Sebab menurutnya, peraturan sekarang menuntut dosen untuk terus aktif menulis, dan tulisannya dapat dinilai dan mendapatkan angka kredit jika dapat diakses melalui online. “Karena itu, kami melaksanakan workshop pengelolaan Open Journal System agar semua kita dapat memahami pengelolaan jurnal yang baik dan benar, sesuai dengan standard yang diinginkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Apalagi, per 31 Maret 2016 lalu, akreditasi jurnal harus berbasis OJS”, tuturnya.

“Dua hari ini kita akan diberi wawasan tentang jurnal berbasis OJS oleh pembicara yang sudah terlebih dahulu memakai sistem OJS. Abdul Qodir Zaelani merupakan teman saya sewaktu di Jakarta. Semoga kehadirannya mampu memberikan wawasan dan pencerahan serta dapat mensetup jurnal kita semua terutama jurnal yang berada di lingkungan STAHN Gde Pudja Mataram, sehingga ke depannya, dalam waktu 3-4 tahun mendatang bisa terakreditasi,” tambahnya.

Muh. Husein Wahyu, M.Pd., pengelola Jurnal Teknologi Pendidikan IKIP Mataram, merasa bahagia bisa mengikuti pelatihan Open Journal System yang diadakan STAHN Gde Pudja Mataram. “Kami sangat senang sekali dengan pelatihan ini. Sangat berguna bagi kami. Ternyata jurnal kami masih perlu banyak perbaikan. Termasuk akan kami bicarakan dengan pimpinan, agar kampus kami dalam mengelola jurnal sudah memakai Open Journal System. Kalau bisa kegiatan ini tidak hanya berakhir sampai di sini. Perlu ada tindak lanjutnya”, ujarnya saat ditanya kesan selama mengikuti pelatihan.

Dalam kesempatan ini, Abdul Qodir Zaelani, M.A. didampingi Muhammad Syazili, M.Si., menyampaikan materi Manajemen Pengelolaan Jurnal: Evaluasi Kesiapan Sesuai Akreditasi Nasional dan materi Internasional Jurnal: Strategi Penyiapan Jurnal untuk Indeksasi di Lembaga Pengindeks Nasional dan Internasional sekaligus mensetup jurnal sesuai dengan standard OJS. (Siti Zubaidah)

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2021-11-14 at 17.31.24

Komunitas Mata Pena Selenggarakan Pendidikan Dasar

Bandar Lampung: Komunitas MataPena Fakultas Syari’ah Selenggarakan Pendidikan Dasar bertajuk “iGeneration: Sejarah Perlu Dituliskan” pada Kamis …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *