Home / Berita Terkini / Opini: Inilah Manfaat Membuat Resolusi Awal Tahun, Mahasiswa Harus Tahu!

Opini: Inilah Manfaat Membuat Resolusi Awal Tahun, Mahasiswa Harus Tahu!

IMG_20230110_095642

 Inilah Manfaat Membuat Resolusi Awal Tahun, Mahasiswa Harus Tahu!
Hertina Sahara
Aktivis Mata Pena
Hukum Keluarga Islam

Tahun 2022 telah usai, kini saatnya kita mempunyai semangat baru  serta harapan baru untuk kembali bangkit dari zona nyaman. Mungkin beberapa orang diantara kita pada tahun lalu  telah mempunyai banyak rencana-rencana, maupun  harapan-harapan untuk melakukan sesuatu tetapi belum sempat terlaksana ataupun sering mengalami suatu  kegagalan yang pastinya diluar ekspetasi kita. Sehingga karena banyak rencana yang belum terlaksana ataupun  kegagalan  ketika ingin mencapai sesuatu menyebabkan diri kita enggan untuk mencoba hal baru lagi karena takut  akan kegagalan di masa berikutnya.

Dengan adanya hal ini, maka ditahun 2023 sepertinya kita perlu membuat resolusi-resolusi kehidupan untuk  365 hari kedepan. Sebuah artikel yang ditulis oleh Hersfield (2011) berjudul future self-continuity: how conceptions of the future self transform intertemporal choice menyimpulkan bahwa orang yang melihat atau merencanakan sesuatu tentang dirinya dimasa depan bisa dibayangkan seperti sedang melihat orang asing dan berjalan semakin jauh. Sehingga jika kita mempunyai sebuah keinginan yang telah direncanakan sebelumnya, maka tanamkan pada diri kita untuk tetap konsisten melakukan aksi dan langkah konkret melalui lika-liku rute jalan hidup dalam setahun supaya mencapai garis finish dan memenangkan trophy yang bernamakan tujuan “resolusi”.

Pada dasarnya, bagi kita yang seorang mahasiwa nampaknya perlu membuat sebuah resolusi kehidupan supaya kita dapat bersemangat dan mengetahui arah tujuan kehidupan kita akan kemana, dan menjadikannya sebagai sebuah tantangan  dalam hidup. Mempunyai tujuan dan ambisi dalan kehidupan ini membantu kita untuk mencapai berbagai hal yang di inginkan, karena jika kita sudah hidup tanpa adanya ambisi maka kita tidak akan dapat melakukan hal hebat dan luar biasa yang akan kita lakukan, sekalipun adanya resiko dan juga konsekuensi yang harus kita lalui. Bagi kita seorang mahasiwa pun perlu mempunyai ambisi dan tekad yang kuat dan bulat dalam berkuliah, karena jika tidak mempunyai ambisi yang kuat akan berdampak buruk di masa mendatang. Sehingga  karena kita perlu mempunyai resolusi kehidupan kita juga harus mengetahui manfaat-manfaat apa saja yang akan kita dapatkan nantinya.

Mempunyai Tujuan Kehidupan

Dalam moment awal tahun menawarkan catatan kosong yang  biasanya kita akan berpikir untuk membuka lembaran baru atau kehidupan yang baru. Dari   catatan kosong ini justru menjadi kesempatan untuk membantu merumuskan hal-hal penting untuk dilakukan di masa depan. Dalam islam juga memperbolehkan membuat resolusi kehidupan, apalagi jika resolusi tersebut merupakan hasil dari sebuah proses bermuhasabah diri atas kehidupan selama ini. Rasulullah SAW juga bersabda yang diriwayatkan oleh Al-Imam At-Tirmidzi

“Orang cerdas ialah orang yang mengintrospeksi dirinya dan melakukan amal kebajikan sebagai bekal setelah mati. Sementara orang lemah ialah yang menuruti hawa nafsunya dan mengangan-angankan sesuatu kepada Allah.”

Berkaca pada hadist tersebut bahwa kita memang diperbolehkan untuk bermuhasabah diri agar kita dapat mengetahui hal-hal baik atau hal-hal buruk apa saja yang telah kita lakukan selama ini, setelah melakukan muhasabah diri selanjutnya kita membuat resolusi kehidupan dalam yangka mengupayakan agar kehidupan ditahun yang baru ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menjadikan Pribadi Yang Lebih Baik

Setelah bermuhasabah diri, pastinya kita akan berusaha untuk menetapkan langkah-langkah apa saja yang perlu kita lakukan untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam diri kita. Sebagai contoh, kita sebagai mahasiswa di tahun 2022 kemarin telah melakukan perkuliahan, tetapi kita merasa perkuliahan semester kemarin tidak mengalami peningkatan apapun, baik dari segi akademis maupun non-akademis. Sehingga kita mempunyai resolusi di tahun ini yaitu ingin meningkatkan semangat untuk menuntut ilmu, berusaha untuk lenih upgrade diri dengan lebih lagi, serta mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Meningkatkan Motivasi dan Komitmen Diri Untuk Konsisten Terhadap Sesuatu

Membuat resolusi merupakan langkah awal dari “ingin” menuju ke “mampu”. Tidak ada hal yang gampang ketika ingin meraih sesuatu, banyak hal yang perlu dilalui. Bukan hanya sisi menyenangkannya saja tetapi sisi kurang menyenangkan pun nantinya akan mengiringi perjalanan kita nantinya. Keinginan yang sudah mulai berjalan akan menjadi pengingat yang ampuh untuk membangkitkan rasa semangat serta terkun berlatih, dan gigih membangun kebiasaan tersebut. Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW bersabda “Perbuatan yang paling dicintai kepada Allah adalah yang paling konsisten, meskipun kecil”. (HR. Bukhari dan Muslim). Kekonsistenan terhadap sesuatu pun disenangi oleh Allah SWT, sehingga memang seharusnya kita dapat konsisten demi  melakukan perubahan yang baik untuk diri kita kedepannya. Walaupun konsisten terhadap sesuatu memang bukan kegiatan yang mudah namun jika di iringi dengan ikhtiar dan berdoa kepada Allah maka insyallah semuanya akan dipermudah.

            Nah, Itulah tadi beberapa manfaat dari membuat resolusi hidup  di tahun 2023. Semoga apa yang kita rencanakan di tahun yang baik ini dapat terlaksana sesuai dengan resolusi kita!

About admin

Check Also

7DD120FE-EE77-4134-8708-5C9CF8E50E20

Puisi: Masa Sulit

Masa Sulit Reycinta Utami Putri Aktivis Mata Pena Hukum Keluarga Islam  Duduk termenung disudut ruang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *