Home / Berita Terkini / Opini: Ingin Hidup Baik-Baik Saja? Lakukan Cara ini!

Opini: Ingin Hidup Baik-Baik Saja? Lakukan Cara ini!

WhatsApp Image 2022-12-27 at 20.38.46

Ingin Hidup Baik-Baik Saja? Lakukan Cara ini!

Siti Husnul Hotimah
Aktivis Mata Pena
Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah

Seringkali kita merasa hidup ini terlalu sulit untuk dijalani, rasa bimbang dengan banyaknya pilihan yang harus dipilih, kekhawatiran yang terus menghantui, bahkan sering kali pula muncul rasa cemas yang kemudian menimbulkan banyak pertanyaan seperti lulus kuliah aku harus apa, apa ada yang mau menerimaku bekerja, apa yang harus aku lakukan setelah ini, ataupun ketika masalah satu persatu mulai berdatangan, seperti usaha yang gagal, kesulitan mengatur keuangan, usaha yang tak berjalan baik dan sebagainya.

Ada satu kalimat motivasi dari seorang penulis berkebangsaan Amerika yang bernama Og Mandino, “Selalu lakukan yang terbaik. Apa yang Anda tanam sekarang, akan anda tuai nantinya”. Kalimat ini bisa menjadi pengingat untuk kita, agar terus melakukan yang terbaik apapun pekerjaannya, apapun tahap kehidupan yang kita hadapi, sedangkan untuk hasilnya akan kita dapatkan di hari yang akan datang. Namun, percayalah, hasil yang maksimal didapatkan dari usaha yang maksimal sedangkan hasil yang biasa-biasa saja didapat dari usaha yang biasa- biasa saja.

Diluar dari pada itu ternyata ada cara mudah dan efektif yang bisa kita lakukan ketika merasa bimbang dengan keadaan ataupun saat berada difase kecemasan yang berlebih dan ketika masalah mulai bermunculan. Beberapa cara tersebut adalah:

Bimbang? Coba Tanya Pendapat Ibu

            Ketika rasa bimbang, cemas, khawatir mulai berdatangan, cobalah berdiskusi dengan ibu. Kita pastinya pernah merasa ingin memiliki teman untuk tempat bercerita namun takut hal tersebut akan disebarkan oleh teman yang ternyata tidak menyukai kita. Maka opsi terbaik sebagi teman berbagi cerita tentu lah seorang ibu, karena naluri ibu selalu tau yang terbaik untuk anaknya maka pasti ia akan mengarahkan anaknya kejalan yang paling tepat, meskipun jawaban yang ia berikan terkadang rancu, namun ketika kita bercerita tentang keluh kesah yang dihadapi kepada ibu, ketika itu juga bimbang yang kau bawa seakan berangsur-angsur menghilang.  Dan tentunya rahasia dibalik cerita mu tersebut tidak akan menjadi buah bibir dimana-mana karena ibu akan selalu menjaga cerita mu sama seperti ia menjagamu saat masih bayi.

Ingin Berhasil? Mintalah Doa ibu

            Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud mengenai doa orang tua adalah:“Tiga dia yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang didzolimi”. (HR. Abu Dawud).

            Ya benar, doa orang tua kepada anaknya adalah doa yang mustajab yang kemungkinan besar akan langsung dikabulkan oleh Allah karena itu merupakan doa yang tidak ditolak oleh Allah. Tentunya ini merupakan peluang besar untuk meraih keberhasilan setelah berusaha dengan keras dan sungguh-sungguh maka selanjutnya adalah do’a. Maka InsyaAllah, apapun yang sedang kau usahakan akan dimudahkan jalannya oleh Allah SWT dengan kekuatan do’a sang ibu.

Ingin Lancar Rezeki? Berbaktilah Pada ibu

Umat Islam mengenal istilah “Surga dibawah telapak kaki ibu”.Hal ini menunjukkan bahwa tak perlu jauh-jauh jika ingin mendapatkan surganya Allah, karena surga itu ternyata selalu dekat dengan kita bahkan berada dirumah yang sama dengan kita, ya surga itu ialah Ibu. Lalu Ada kisah pemuda pada zaman Rasulullah yang ingin ikut berjihad namun kedua orang tuanya masih hidup, kemudian Rasulullah mengatakan untuk kembali dan berbakti kepada orang tuanya. Begitu besar cinta Islam kepada orang tua, terutama kepada sosok ibu, sampai-sampai berbakti, berbuat baik, dan melayani keduanya sama pahalanya seperti berjihad. Ada pula kisah seorang anak yang sedang kesulitan dalam perekonomiannya, namun dengan uang yang pas-pasan ia membelikan makananan kesukaan ibunya, yang dengan itu ibunya merasa senang dan mendoakan anak nya dengan do’a yang baik-baik. Tak lama kemudian hal yang menjadi kesulitannya saat itu berangsur-angsur menghilang, usahanya menjadi lancar, ekonominya pun menjadi baik.

Itulah beberapa cara ampuh dan efektif yang bisa dilakukan ketika mulai merasa cemas atau masalah hidup mulai berdatangan. Cobalah untuk tidak terlalu merenungi kehidupan tapi lebih banyak melakukan tindakan demi perubahan dimasa mendatang.

Selain dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah, menjalankan perintahNya, menjauhi larangan-Nya, melakukan sunnah Rasul, dan melakukan hal baik lainnya, cara diatas tentunya dapat membuat hidup lebih baik, karena dekat dengan orang tua, keluarga, terutama ibu membuat hidup lebih merasa nyaman, ada teman berbagi cerita, saling memberi kasih sayang dan kehangatan. Karena sejatinya seperti apapun kehidupan, perasaan hangat yang kau rasakan dalam hidup adalah yang membuat hidup layak dijalani.

Percayalah, berbakti kepada orang tua,menyayangi ayah ibu adalah suatu pahala besar yang tak terhitung jumlahnya. Ingat kisah Uwais yang buruk rupanya bahkan dikatakan gila oleh orang banyak karena pekerjaan yang ia lakukan, namun ternyata namanya terkenal di penduduk langit, berkat kebaktiannya kepada sang ibunda, ia menjadi sejarah yang tak terlupakan hingga saat ini. Begitulah Allah membalas kecintaan anak kepada ibunya. Maka sayangi ibumu, dengarkan keluh kesahnya dan berbaktilah padanya selagi waktu memberikan peluang untuk itu.

Selamat Hari Ibu untuk Seluruh Ibu di Dunia.

About admin

Check Also

7DD120FE-EE77-4134-8708-5C9CF8E50E20

Puisi: Masa Sulit

Masa Sulit Reycinta Utami Putri Aktivis Mata Pena Hukum Keluarga Islam  Duduk termenung disudut ruang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *