Home / Berita Terkini / Opini: Buatlah Resolusi Awal Tahun Agar Hidup Lebih Berarti

Opini: Buatlah Resolusi Awal Tahun Agar Hidup Lebih Berarti

0C113952-F093-4079-82F8-006E560B8553-removebg-preview

Buatlah Resolusi Awal Tahun Agar Hidup Lebih Berarti
Annisa Bertina
Aktivis Mata Pena
 Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah 

Awal tahun merupakan awal dimana seseorang memulai hari dengan harapan lebih baik lagi dari tahun yang sudah dilalui, sering kali kita berfikir terhadap hal yang belum kita capai dan berharap dapat terealisasi ditahun yang baru, disisi lain kita sudah terpikirkan hal apa saja yang akan kita lakukan justru niat baik itu hanya menjadi angan semata dan semangatnya hanya dirasakan diawal saja.

Problem seperti itu sangat mudah di pecahkan dengan membuat resolusi, lalu apa itu resolusi? Resolusi adalah pernyataan tertulis yang berisi pemecahan masalah, resolusi dapat membuat setiap orang mempunyai arah dalam hidup melalui tujuan baru yang ingin dicapai. Mengutip salah satu kalimat motivasi dari seorang pepatah yang bernama Cicero, “Pengalaman adalah guru terbaik”. Kalimat ini dapat menjadi motivasi bagi kita agar terus memperbaiki diri atas apa yang sudah dilewati untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Cobalah untuk membuat resolusi awal tahun 2023 ini dimulai dari hal sederhana tak lupa pula senantiasa untuk memperbaiki niat dengan tujuan yang tepat, yang tidak memberatkan namun dapat membuat perubahan, maka dari itu beberapa hal ini dapat membantu agar resolusi awal tahun dapat terealisasi dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula.

  1. Mulai Bergerak

Mulai bergerak segala ide yang ada tidak akan berjalan jika belum dimulai dengan gerakan kecil sehingga pada akhirnya akan menjadi langkah yang besar untuk mencapai suatu perubahan. Memang hal ini tidak ada jaminan akan mendapatkan hasil sesuai dengan ekspetasi kita, namun dengan itu jika sudah berusaha tidak akan dihantui oleh rasa takut atau rasa penasaran saja. Mengutip salah satu quotes sebagai motivasi bagi kita “banyak orang yang tidak bertindak karena takut gagal, padahal tidak bertindak adalah kegagalan yang sudah jelas terjadi”.

  1. Aturlah Waktu Atau Jadwal Kegiatan Setiap Hari

Dapat menggunakan buku catatan khusus, atau menggunakan kertas kecil yang dapat di kreasikan sebagai pengingat, sebaiknya mengisi jadwal jangan dipagi hari, sebisa mungkin luangkan waktu sebelum tidur untuk membuat jadwal esok.  Karena mengatur waktu adalah hal yang sangat penting agar kegiatan dapat berjalan dengan teratur sehingga tidak kesulitan dalam menjalani kegiatan yang patut diprioritaskan terlebih dahulu.

  1. Senantiasa Bersyukur

Rasa syukur wajib kita panjatkan sebagai rasa berterimakasih atas segala kesempatan kepada Tuhan yang Maha Esa, dimana ada  banyak hal positif yang dibanggakan maupun hal negatif yang menjadi pelajaran terbaik ditahun yang sebelumnya telah dilalui. Dengan bersyukur Tuhan akan menambahkan hal-hal baik lainnya sehingga kita merasa aman, tentram, damai, dan cukup.

  1. Keluar Dari Zona Nyaman

Jika kamu merasa kurang produktif, mulailah mencari informasi kegiatan yang positif, dapat juga dengan mencari hobi baru yang bermanfaat, seperti belajar bahasa baru, belajar alat musik dan sebagainya. Belajar mengatur waktu antar kuliah dan berorganisasi dapat juga mengikuti magang untuk meningkatkan skills dan pengalaman. Mengutip dari buku Berani keluar dari zona nyaman “Sejarah tidak mencatat mereka yang tidak menyukai perubahan, yang dicatat itu adalah yang membawa perubahan.”

  1. Membangun Komitmen Untuk Konsisten

Harus kita sadari resolusi adalah sesuatu yang berhubungan erat dengan komitmen, tentunya tidak hanya berhenti dengan merencanakan tetapi juga melaksanakan. Pastinya melakukan akan lebih sulit dari pada hanya menuliskan namun, agar tidak terasa berat kita dapat mengkreasikannya sedikit demi sedikit, langkah demi langkah, hingga terciptanya perubahan meski membutuhkan waktu yang lama. Perbaiki lingkungan, untuk merealisasikan resolusimu pastikan lingkungan mu sangat mendukung sehingga orang-orang terdekatmu dapat menjadi pengingat dan justru mendukung penuh untuk mencapai perubahan. Motivasi lingkungan sekitar terkadang dapat membuat kita lebih kuat dan semangat dalam menjalaninya.

About admin

Check Also

7DD120FE-EE77-4134-8708-5C9CF8E50E20

Puisi: Masa Sulit

Masa Sulit Reycinta Utami Putri Aktivis Mata Pena Hukum Keluarga Islam  Duduk termenung disudut ruang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *