Home / Berita Terkini / Lebih Dekat Mengenal Kelas Internasional

Lebih Dekat Mengenal Kelas Internasional

3ab104e9-cf66-40f0-bdcb-2946529fa18d

Lebih Dekat Mengenal Kelas Internasional

Chessya

Mahasiswi Kelas Internasioal Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung

Kelas Internasional merupakan salah satu program kelas khusus di Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung. Kelas Internasional telah berdiri sejak tahun 2016. Kelas Internasional didirikan oleh Dr. Alamsyah, M. Ag. Program kelas khusus ini baru di terapkan di Fakultas Syariah dengan tujuan untuk mencetak generasi yang berdaya saing unggul dibidang hukum Islam dan ilmu hukum. Dr. Alamsyah, M. Ag adalah sosok yang tidak sungkan-sungkan memotivasi di setiap pertemuan. Dr. Alamsyah, M. Ag yang saat ini menjabat sebagai Warek 1 UIN Raden Intan Lampung selalu memberikan tips agar kita bisa sukses didunia dan akhirat. Beliau pernah berkata “Ada tiga tips hidup bahagia di dunia maupun di akhirat yaitu: Bangun hubungan baik dengan Allah, bangun hubungan dengan baik dengan orang tua, dan ikhtiar”.

Kelas Internasional memiliki mahasiswa yang terbatas, tidak seperti kelas regular lainnya. Namun kelas Internasional memiliki perbedaan dibanding kelas Regular lainnya. Jika kelas Regular dalam metode pembelajrannya menggunakan pure Bahasa Indonesia, berbeda dengan kelas Internasional yang mix beberapa Bahasa antara lain, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Arab. Lalu perbedaannya mungkin biasanya dikelas Regular mahasiswa di berikan sistem open book dalam mempresentasikan makalahnya, namun di kelas Internasional menggunakan sistem close book. Jadi mahasiswa benar-benar matang mempersiapkan materi yang akan di diskusikan. Mungkin beberapa kelas regular juga yang menggunakan close book. Sama seperti kelas Regular, kelas Internasional juga menggunakan sistem diskusi.

Untuk fasilitas kelas Internasional, kelas Internasional memiliki ruangan kelas sendiri. Kelas Internasional kini sudah memiliki 4 generasi. Untuk dosen-dosen kelas Internasional sama seperti dosen kelas Regular hanya metode penyampaiannya yang mungkin sedikit berbeda yaitu menggunakan Bahasa yang dikuasai oleh dosen tersebut. Untuk tugas akhir kami diterapkan sistem magang dan skripsi Bahasa Asing, berbeda seperti kelas Regular lainnya yang menerapkan sistem kuliah kerja nyata dan skripsi Bahasa Indonesia. Kelas Internasional menargetkan para mahasiswa untuk selesai pada 3.5 tahun perkuliahan. Untuk mata kuliah dikelas Internasional dipadatkan biasanya kelas Regular 8-10 mata kuliah, kalau kelas Internasional hanya 8 mata kuliah. Biasanya kelas Regular memiliki 12-16 pertemuan dalam satu dosen, kalau dikelas Internasional memiliki 8-12 pertemuan setelah itu berganti jadwal mata kuliah yang baru. Untuk mata kuliah, kelas Internasional sedikit berbeda dari kelas Regular biasanya seluruh kelas Regular pelajarannya hampir sama rata kalau kelas Internasional berbeda. Ada yang sudah pernah dibahas oleh kelas Regular ada juga yang belum.

Kami terlihat sangat kompak dan disiplin. Untuk menambah wawasan diluar kuliah kami sering berdiskusi mengenai isu kekinian yang hangat saat ini, sama halnya seperti yang dilakukan kelas Regular. Semuanya hampir sama seperti mahasiswa lainnya. Kami ditempa dan dipersiapkan untuk kehidupan yang sebenarnya oleh dosen-dosen kami yang selain beliau memberi mata kuliah mereka juga memberi motivasi dan pengetahuan yang sangat banyak dan menambah ilmu as always sama seperti mahasiswa lain yang diberi motivasi di beri suatu persolan dan mengkritisi persoalan tersebut. Diluar konteks kelas Internasional ataupun kelas Regular, semua tahu bahwa mahasiswa agent of change, agent of social control, and etc. Semua mahasiswa dituntut harus kritis dalam berbagai persoalan termasuk urusan negara. Siapapun, dimanapun, dan kapanpun kita yang akan mengggantikan peran di masa depan. Untuk itu “Focus on the step in front of you. success doesn’t come from what you do occasionally but it comes from what you do consistently”.

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2019-10-30 at 16.31.17

Inilah Alumni Fakultas Syariah Berprestasi

Mata Pena: Fakultas Syariah sukses gelar Yudisium Periode III pada Senin (28/10/2019) di GSG Fakultas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *