Keunggulan Sistem Pembelajaran
Kelas Internasional
Nadia
Mahasiswi Kelas Internasional Fakultas Syariah
UIN Raden Intan Lampung
Kelas Internasional merupakan bagian dari program pendidikan di Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yang sah dan legal; Dibentuknya kelas internasional ini tentunya memiliki tujuan. Tujuan Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung menyelenggarakan Program Pendidikan Kelas Internasional diantaranya:
-) memperkuat lulusan sarjana yang memiliki kemampuan ilmu syari’ah
dan ilmu hukum yang bertaraf internasional, dan atau menggunakan
bahasa pengantar internasional serta harus memiliki kemampuan ilmu
pengetahuan teknologi dan informasi yang baik;
-) menghasilkan lulusan yang memenuhi standar mutu bertaraf
internasional atau setaraf dengan mitra perguruan tinggi di luar negeri;
-) meningkatkan sumber daya secara lebih efektif dan efisien temasuk
penyelesaian lebih cepat dari kelas reguler;
-) mendorong peningkatan mutu program studi yang ada di Fakultas
Syari’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung setara standar
internasional atau dengan mutu mitra Perguruan Tinggi di luar negeri.
Itulah diantaranya tujuan dibentuknya kelas internasional, untuk mencapai tujuan-tujuan diatas tentunya diperlukan sistem pembelajaran yang baik yang dapat menunjang peningkatan kualitas mahasiswa/i kelas internasional, terkait seperti apa sistem pembelajaran kelas internasional, begitu banyak pertanyaan yang muncul dari kalangan mahasiswa/i baik mahasiswa/i fakultas syari’ah itu sendiri atau mahasiswa fakultas lain, mereka begitu ingin tahu tentang apa itu kelas internasional dan bagaimana sistem pembelajarannya, apakah layaknya kelas biasa pada umumnya atau apakah benar-benar bertaraf internasional?
Berdasarkan pemaparan pengertian dan tujuan dibentunya kelas internasional diatas tentunya sudah dapat diketahui bahwa kelas internasional ini tidak layaknya kelas biasa pada umumnya hal yang membedakan diantaranya:
-) Proses belajar mengajar pada program Pendidikan Kelas Khusus
Internasional menggunakan bahasa Arab dan atau Inggris sebagai
bahasa pengantar;
-) Mahasiswa kelas internasional wajib mengikuti kuliah dan membuat
tugas yang diberikan dosen dalam bahasa asing (Arab atau Inggris).
-) Perkuliahan dilakukan dalam bentuk tatap muka di kelas dan dengan elearning.
-) Jumlah maksimal perkuliahan secara e-learning adalah 40 % dari total
seluruh pertemuan;
-) Masa penyelesaian kuliah ditargetkan antara 3,5 tahun sampai 4 tahun.
Sistem pembelajaran seperti itulah yang membedakan kelas internasional dengan kelas biasa pada umumnya (kelas reguler), namun tidak cukup dengan itu dalam kesehariannya mahasiswa/i kelas internasional dituntut untuk lebih aktif didalam kelas, semua guna meningkatkan mutu sumber daya manusia yang ada didalamnya.