Home / Berita Terkini / Implementasi Wawasan Kebangsaan Bagi Mahasiswa

Implementasi Wawasan Kebangsaan Bagi Mahasiswa

zuhraini-1

Bandar Lampung: Kuliah Ta’aruf hari ke-2 calon mahasiswa baru IAIN Raden Intan Lampung dilanjutkan pada tingkat fakultas masing-masing, Kulta camaba Fakultas Syariah dan Hukum bertemakan Menumbuhkan Budaya Akademik, Kreatif dan Inovatif mahasiswa/i  dilaksanakan di Gedung Serbaguna FSH (Kamis, 15/09/16).

Dr. Hj. Zuraini, SH., MH akademisi Fakultas Syariah dan Hukum menjadi narasumber yang menyampaikan tentang Wawasan Kebangsaan dan Radikalisme. Cara pandang mahasiswa dan rentannya mahasiswa terpengaruh oleh paham radikal, menjadi latar belakang pentingnya pemahaman terhadap materi ini.

“Wawasan kebangsaan adalah cara pandang untuk diri sendiri, lingkungan dari lingkup terkecil seperti keluarga sampai negara, bagaimana kita sebagai anak bangsa ikut berperan serta dalam mensukseskan tujuan negara yaitu kesejahteraan, keadilan, pemerataan pembangunan yang tercantum dalam pembukaan UUD RI 1945 alenia ke-4” ujar beliau.

Dr. Hj. Zuraini, SH., MH menjelaskan bahwa fungsi wawasan kebangsaan yaitu sebagai pedoman dan motivasi bagi warga negara, dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh konstitusi Indonesia.

“Implementasi wawasan kebangsaan bagi mahasiswa yaitu dengan cara menata pola pikir yang baik untuk kemajuan Indonesia, dalam hal ini melalui pendidikan. Jadilah mahasiswa yang baik dan aktif dalam organisasi-organisasi positif. Menata pola sikap dengan memiliki attitude yang baik dan menata pola tindak, tidak menjadi mahasiswa yang anarkis dan radikal’ papar beliau. (Nur Fatmawati Anwar)

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2020-09-02 at 10.24.15

PA Pringsewu dan Tuba Tengah Sambut Baik Kerjasama Fakultas Syariah

Bandar Lampung: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung terus melakukan kerjasama dengan berbagai institusi yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *