Home / Berita Terkini / Ikhtiar Fakultas Syari’ah dan Hukum Menyongsong UIN Raden Intan Lampung

Ikhtiar Fakultas Syari’ah dan Hukum Menyongsong UIN Raden Intan Lampung

her

Dalam rangka menyambut transformasi IAIN menuju UIN Raden Intan Lampung yang tinggal menunggu waktu, Fakultas Syari’ah dan Hukum merespon dengan cepat ditandai dengan berpisahnya jurusan Ekonomi Syari’ah dan Perbankan Syari’ah masuk ke dalam fakultas tersendiri yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Lahirnya Prodi Ilmu Hukum, LKBH dan PK2P

Konsekuensi transfomasi menuju UIN, Fakultas Syari’ah da Hukum melahirkan satu program studi baru yakni Ilmu Hukum. Masuknya prodi ilmu hukum dalam Fakultas Syari’ah dan Hukum diharapkan mampu menjadi “maskot” kampus, yang mengkaji hukum Islam dan hukum umum dari segi akademis melalui kajian-kajian teoritis maupun praktis melalui kerja-kerja sebagai praktisi hukum di lapangan dengan mendampingi dan membantu para pencari keadilan.

Selain melahirkan prodi ilmu hukum, jajaran birokrasi Fakultas Syari’ah dan Hukum  melakukan konsolidasi  dalam upaya regenerasi dan re-eksistensi Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) serta membentuk Pusat Kajian Konstitusi dan Pemerintahan (PK2P). Dengan re-eksistensinya kedua lembaga tersebut, diharapkan eksistensi Fakultas Syari’ah dan Hukum dapat “hadir” dan mampu memberikan solusi dalam penyelesaian perkara, baik di pengadilan (litigasi) maupun di luar pengadilan (non-litigasi) bagi para pencari keadilan di masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu.

Selain itu, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif berupa penelitian melalui kajian naskah akademik oleh Pusat Kajian Konstitusi dan Pemerintahan terhadap segala produk yang akan dikeluarkan oleh pemerintah di seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung, guna membantu peningkatan kesejahteraan rakyat dan pembangunan melalui penelitian akademik.

Melihat laju perkembangan yang telah maupun yang akan dilakukan oleh Fakultas Syari’ah dan Hukum dan lembaga-lembaga di dalamnya, selaku bagian dari civitas akademika IAIN Raden Intan Lampung sudah semestinya memberikan support demi terwujudnya kampus UIN Raden Intan Lampung yang bermartabat, berkualitas, dan berdaya saing global.

Penulis Hervin Yoki Pradikta, SHI., MHI. (Dosen FSH IAIN Raden Intan Lampung)
Editor Abdul Qodir Zaelani

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2020-11-25 at 07.16.34

Yudisium FS ke-3 Berjalan Sukses, Dekan “Jadilah Mahasiswa Berilmu dan Berakhlak Mulia”

Mata Pena: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan Yudisium periode ke-3 yang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *