Home / Berita Terkini / Hj. Linda Firdawati, S.Ag., M.H.: “Alumni Syari’ah Berpeluang Menjadi Advokat”

Hj. Linda Firdawati, S.Ag., M.H.: “Alumni Syari’ah Berpeluang Menjadi Advokat”

img-20161227-wa0004

Bandar Lampung: Fakultas Syari’ah dan Hukum IAIN Raden Intan Lampung gelar praktikum advokasi bagi mahasiswa FSH, Sabtu (24/12/16) di gedung 19 Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Acara ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa/i prodi Muamalah, Ahwal Al Syakhsiyah, dan Siyasah dengan menghadirkan dosen pembimbing Dr. Drs. KH. Wagianto, SH., MH dan Hj. Linda Firdawati, S.Ag., M.H

Hj. Linda Firdawati, S.Ag., M.H selaku dosen pembimbing mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memotivasi mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri untuk terjun di masyarakat maupun dunia kerja, bahwa disitu ada peluang bagi alumni syari’ah untuk menjadi seorang advokat.

“Selama ini mahasiswa seakan-akan takut dengan profesi advokat itu sendiri  bahkan merasa asing, menganggap advokat tidak sesuai hati nurani, suka berbohong atau memutarbalikkan fakta, padahal tidak demikian,” kata Hj. Linda Firdawati, S.Ag., M.H

“Advokat itu ada kode etiknya dan bekerja secara profesional, dia membantu mendampingi klien dalam rangka mendapatkan bantuan hukum untuk menegakkan keadilan, kebenaran, bukan memutar balikkan fakta,” paparnya ketika diwawancarai.

Disamping itu, dengan diselenggarakannya praktikum ini diharapkan pandangan mahasiswa yang salah tentang advokat dapat dihilangkan. Advokat ada kode etiknya, salah satunya dia tidak boleh memutar balikkan fakta berdasarkan kebenaran.

“Kalau seandainya advokat mengetahui suatu perkara bertentangan dengan hukum, advokat dapat menolak untuk menangani suatu perkara, dan advokat tidak boleh menjanjikan suatu kemenangan perkara kepada klien,” tuturnya. Hj. Linda Firdawati, S.Ag., M.H. juga berharap, mahasiswa tak hanya mengerti profesi seorang advokat namun juga memahami bagaimana hukum acara itu sendiri dan paham seluk beluk dan tata cara beracara di pengadilan. (Dewi Yulianti)

About admin

Check Also

Selamat Datang PBAK FS 2021 fix a_2

Tutorial Penggunaan Elearning bagi Peserta PBAK 2021

Berikut ini tutorial penggunaan elearning bagi Peserta PBAK FS UIN Raden Intan Lampung, silahkan didownload Tutorial …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *