Home / Berita Terkini / FSH IAIN, Buka Kelas Internasional

FSH IAIN, Buka Kelas Internasional

fs

Bandar Lampung: Mulai tahun ajaran baru 2016/2017 ini Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) IAIN Raden Intan Lampung membuka program kelas Internasional. Program terobosan ini dibuka untuk menjawab tantangan dan persoalan yang dihadapi dunia perguruan tinggi di era global. Perkembangan pesat sains dan teknologi, perubahan sosial, dan kompetisi di antara lulusan perguruan tinggi di satu sisi  serta upaya mempertahankan tradisi keilmuan Islam yang sudah mengakar di sisi lain, menuntut pendidikan tinggi di perguruan tinggi keislaman harus melakukan inovasi dan kreasi agar mampu berada di level terbaik dan disegani. Kelas internasional adalah salah satu terobosannya, (07/8).

Dr. Alamsyah, M.Ag Dekan FSH mengatakan “Program Kelas Internasional, yang dinamakan juga Kelas Ekselensi (Unggulan) dan Akselerasi (Percepatan), adalah program pendidikan yang diselenggarakan oleh FSH IAIN Raden Intan Lampung dalam upaya mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang unggul dan mampu bersaing dalam kancah global melalui pendidikan yang bertaraf internasional. Program ini merupakan wadah pembentukan mahasiswa untuk menjadi pribadi yang unggul, tidak hanya dalam pencapaian prestasi akademis level tinggi tetapi juga unggul dalam membentuk karakter pribadi yang teladan, secara intelektual, moral dan spiritual.”

“Oleh karena berlevel internasional, maka program kelas unggulan ini menggunakan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar, serta menerapkan sistem pembelajaran aktif, yaitu dengan sistem Problem Based Learning (PBL) dan sedikit General Active Learning (GAL), dengan kurikulum dan silabus yang mendukung dan bertaraf internasional juga. Dengan sistem demikian maka perkuliahan di program unggulan ini dibentuk dengan model super intensif, mahasiswa didorong aktif menulis dan berdiskusi memecahkan problem hukum dan kemanusiaan yang terjadi, dengan pendalaman ilmu-ilmu syariah klasik bersamaan dengan penguasaan ilmu hukum dan ilmu-ilmu sosial moderen secara integral dan komprehensif dengan berbasis kepada teknologi informasi moderen,” kata Dr. Alamsyah, M.Ag.

“Penyelenggaraan Program Kelas Unggulan ini dimulai pada semester I tahun akademik 2016/2017, yang diikuti hanya oleh 25 mahasiswa terpilih dari seluruh mahasiswa yang diterima di FSH IAIN Raden Intan Lampung. Target program ini tidak hanya menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan komunikasi internasional, tetapi  juga menguasai khazanah ilmu-ilmu keislaman dan kesyari’ahan klasik serta ilmu-ilmu sosial dan hukum moderen, sehingga mampu menjawab problem yang terjadi secara akademis dan aktual, serta mampu mengaktualisasikan dirinya sebagai figur yang intelektual, akademis, berkarakter dan teladan,” ujar Dr. Alamsyah, M.Ag.

“Oleh karena mahasiswa program ini terpilih dari input yang unggul dan terseleksi ketat, dengan menggunakan kurikulum integral dan interkonektif, serta perkuliahan yang intensif, maka penyelesaian kuliah pada mahasiswa program kelas unggulan ini bersifat akseleratif atau percepatan dari kelas biasa, yakni ditargetkan mampu menyelesaikan kuliah lebih cepat dari program reguler (selesai dalam 7 semester atau kurang dari empat tahun),” tegas Dekan.

Persyaratan dan prosedur pendaftaran Kelas Internasional ini dapat dilihat dalam pengumuman di bawah ini.

13879472_966294650165823_264299749489214738_n

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2020-11-25 at 07.16.34

Yudisium FS ke-3 Berjalan Sukses, Dekan “Jadilah Mahasiswa Berilmu dan Berakhlak Mulia”

Mata Pena: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan Yudisium periode ke-3 yang dilakukan …

2 comments

  1. Jan iki dekane modernisasi muanteb, ora gaptek. aktif neng medsos. iso nggo contoh dekan lione. akeh kemajuan. fakultas tarbiyah kudu melune koyo fakultas syariah

  2. Aslm. Untuk tes kelas internasiona bsokl di lakukan dimana ya pak?? Mohon balasannya.. trimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *