Home / Berita Terkini / Buku Historositas Syari’ah dapat dijadikan Penelitian

Buku Historositas Syari’ah dapat dijadikan Penelitian

IMG-20170531-WA0024

Bandar Lampung: Buku Historisitas Syari’ah karangan Dr. Siti Mahmudah,M. Ag., dibedah pada Selasa (30/5/17) di Gedung Perpustakaan Pusat UIN Raden Intan Lampung, dengan di moderatori oleh Dr. H. M. Afif Ansori, M.Ag, diikuti oleh 50 Mahasiwa Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Dr. H. M. Afif Ansori, M.Ag mengatakan bahwa buku tersebut tepat sekali terbit saat ini di Indonesia yang mana tengah gaduh-gaduhnya tentang intelektual. Yakni mengenai isu-isu ekstrimisme pemahaman agama,seperti radikalisme dan terorisme. Sebagai contoh adanya serangan bom yg terjadi di kampung melayu beberapa waktu lalu.

Menurutnya, buku yang berbentuk bunga rampai ini sangat bagus, yang isinya membedah tentang syari’at. Buku ini juga unik yakni membahas tentang tokoh reformis dari Mesir, yaitu Khalil Abdul Karim. Dialah yang mendobrak pemikiran kaum Islamisme yang ada di Mesir pada waktu itu.

Sementara itu, Dr. H. Dalwan,MPd., selaku pemateri ‘Metodologi Penelitian Sejarah/ Study Content Analysis’ mengatakan bahwa buku tersebut sangat layak dibaca oleh semua orang yang ingin maju. Ini merupakan pencerahan yang baik untuk kita semua. Bahkan katanya, buku tersebut bisa menjadi bahan penelitian bagi mahasiswa dan harus dikritisi.

“Saya melihat, Dr. Siti Mahkudah sangat kritis menyikapi fenomena di Indonesia. Ayat-ayat al-Qur’an memang tidak boleh di ubah, namun penafsiran ayat harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini,”ujarnya. Oleh karena itulah kenapa yang menjadi peserta adalah kalangan mahasiwa. (Dewi Yulianti)

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2020-11-25 at 07.16.34

Yudisium FS ke-3 Berjalan Sukses, Dekan “Jadilah Mahasiswa Berilmu dan Berakhlak Mulia”

Mata Pena: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan Yudisium periode ke-3 yang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *