Home / Berita Terkini / FS UIN Raden Intan dan KPU Sukses Gelar Seminar Memilih Kepemimpinan dengan Cerdas

FS UIN Raden Intan dan KPU Sukses Gelar Seminar Memilih Kepemimpinan dengan Cerdas

IMG-20181127-WA0305

Mata Pena: Seminar dengan tema “Memilih Kepemimpinan dengan Cerdas, Damai dan Demokratis” ini merupakan salah satu acara yang diadakan oleh Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung yang berkolaborasi dengan KPU Lampung yang dilaksanakan di GSG Fakultas Syariah, pada Selasa (27/11/2018).

Acara seminar yang bertemakan “Memilih Kepemimpinan dengan Cerdas, Damai dan Demokratis” ini dihadiri oleh 3 narasumber yang berkecimpung dalam bidangnya, yaitu bapak Dr. Nanang Trenggono, M.S.I., selaku Ketua KPU Lampung dan bapak Sholihin, S.Pd.I., M.H selaku Komisioner KPU Lampung, serta bapak Dr. Alamsyah, S.Ag., M.A selaku dekan Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung.

Acara seminar tersebut berlangsung lancar dan khitmat, juga bapak Dr. H. Khumedi Ja’far, S.Ag., M.H selaku moderator tampak apik mencairkan suasana agar tidak terkesan datar dan monoton.

Dr. Nanang Trenggono dalam pemaparannya menyampaikan beberapa hal penting terkait pemilihan umum. Beliau juga menjelaskan esensi dari tujuan pemilihan umum itu sendiri adalah memiliki 4 tujuan hal pokok.

 “Pertama, memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk menggunakan hak pilihnya; kedua, menjamin proses pergantian kepemimpinan secara damai; ketiga, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat; keempat, mempertahankan kedaulatan rakyat dan tetap tegaknya negara,” jelasnya.

Serta Sholihin, S.Pd.I., M.H juga menambahkan materi terkait mekanisme pemilihan umum itu sendiri.

Kemudian Dr. Alamsyah, S.Ag., M.A selaku dekan Fakultas Syariah, menyampaikan pandangannya terkait pemilihan itu sendiri dalam ranah akademisi dan seseorang yang mempunyai hak untuk memilih, dan mengajak kita semua untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik.

“sebagai warga negara yang baik sepatutnya tuk menggunakan hak pilih kita sebaik mungkin, katakan tidak pada Golput,” ujarnya.

Acara tersebut amatlah menarik simpati terutama di kalangan mahasiswa, karena terlihat kursi yang disediakan terisi penuh. Terdapat 150 mahasiswa/i dalam acara tersebut, serta terdapat beberapa dosen dan tamu undangan yang juga tampak aktif dalam acara seminar terutama ketika sesi pertanyaan yang dibuka oleh moderator seusai narasumber menyampaikan materi. (Panggih/Hanivah)

About admin

Foto Profil dari admin

Check Also

IMG-20190114-WA0128

Mahasiswa UIN : Boikot Pencalonan DPD Andi Surya

  Mata Pena: Kasus dugaan pelecehan seksual terhadap salah satu mahasiswi UIN Raden Intan Lampung …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas