Home / Berita Terkini / Kepercayaan Tinggi, Peminat Fakultas Syari’ah Membeludak

Kepercayaan Tinggi, Peminat Fakultas Syari’ah Membeludak

Screenshot_20180810-131420

Dr. Alamsyah, M.Ag

Dekan Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung

Mulai Agustus 2018 ini mahasiswa baru Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung akan mulai mengikuti perkuliahan. Mahasiswa baru ini adalah hasil seleksi yang sangat ketat baik di tingkat daerah maupun nasional. Secara keseluruhan ada 5.313 peminat yang mendaftar tes dan memilih untuk kuliah di Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung. Dari total pendaftar tersebut hanya 950 orang yang kemudian dinyatakan lulus dan diterima setelah melalui tahapan tes yang ketat. Dengan angka tersebut berarti rasio persaingan untuk masuk Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung sangat tinggi, yaitu 1 banding 6. Artinya untuk lulus tes dan diterima di fakultas ini maka seorang peserta harus bisa mengalahkan 6 peserta lainnya.

Fenomena peningkatan jumlah pendaftar memang sudah terlihat sejak tiga tahun lalu namun pada tahun 2018 ini terjadi peningkatan yang sangat drastis. Rekor luar biasa yang terjadi pada tahun 2018 ini memang belum pernah dialami sejak fakultas ini dibuka secara resmi pada tahun 1968 dahulu. Biasanya rasio yang diterima yan yang mendaftar hanya 1 ; 2, bahkan dahulu pernah terjadi sebaliknya di mana daya tampung 650 sementara yang mendaftar hanya dua ratusan saja.

Persaingan yang ketat ini juga menunjukkan Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung telah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang memenuhi standar ideal dalam pendidikan. Proses seleksi yang ketat tentu sangat baik untuk mendapatkan input calon mahasiswa yang berkualitas. Proses perkuliahan yang baik tentunya akan melahirkan lulusan yang berkualitas pula. Dengan input, proses dan out put yangbaik ini maka lembaga Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung diharapkan akan menjadi institusi pendidikan terakreditasi unggul dari lembaga dalam negeri semacam BAN PT dan lembaga luar negeri.

Hal ini pantas disyukuri karena menunjukkan bahwa Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung telah mendapat tempat yang positif dan besar di hati masyarakat. Kepercayaan tinggi telah diberikan oleh masyarakat kepada lembaga ini untuk dijadikan tempat pendidikan bagi putra putri mereka agar menjadi sarjana hukum yang memiliki masa depan lebih baik dan daya saing tinggi di lapangan kerja. Sebagai tanda syukur tersebut maka pimpinan Fakultas Syari’ah harus meningkatkan layanan kepada mahasiswa dan masyarakat serta menambah unggul kualitas perkuliahan.

About admin

Foto Profil dari admin

Check Also

IMG-20190114-WA0128

Mahasiswa UIN : Boikot Pencalonan DPD Andi Surya

  Mata Pena: Kasus dugaan pelecehan seksual terhadap salah satu mahasiswi UIN Raden Intan Lampung …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas