Home / Berita Terkini / Berpuasa Menjadikan Umat Muslim Bersyukur

Berpuasa Menjadikan Umat Muslim Bersyukur

Zaelani editBandar Lampung: Banyak hikmah yang perlu dipahami oleh umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan. Salah satunya hikmah yang dapat diambil adalah agar menjadi pribadi Muslim yang selalu bersyukur.

“Jika seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa bisa memahami dan mengabil hikmah dari ibadah puasa, maka dia akan menjadi pribadi Muslim yang selalu bersyukur,” kata Abdul Qodir Zaelani, dosen Fakultas Syari’ah IAIN Raden Intan, Lampung, Kamis (25/6/2015).

Dalam menunaikan ibadah puasa, kata dia, seseorang yang sedang berpuasa bisa merasakan langsung bagaimana penderitaan orang lain yang berkekurangan sehingga bisa menumbuhkan rasa empati dan simpati lalu muncul dalam dirinya untuk bersyukur.

Dia menjelaskan pada saat seseorang berbuka puasa ada rasa bahagia yang muncul karena sehari penuh telah menahan lapar, haus, dan menahan dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Hal itu, merupakan bentuk nikmat dari Allah SWT yang perlu disyukuri oleh setiap orang yang menunaikan ibadah puasa sebagaimana yang disabdakan Nabi Muhammad yang diriwayatkan Ibnu Jarir, “Salat adalah bentuk syukur, puasa adalah syukur, semua kebaikan yang dilakukan adalah bentuk syukur kepada Allah dan sebaik-baik syukur adalah pujian,” jelasnya.

Menurutnya, menjadi pribadi Muslim yang selalu bersyukur yaitu dengan cara selalu meningkatkan amal ibadah, baik ibadah hati, lisan maupun badan dan menjalankan ibadah puasa dengan penuh keimanan dan ketakwaan serta mengharapkan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Hal itu juga dicontohkan Nabi Muhammad SAW ketika Nabi melaksanakan salat malam sampai kedua kakinya bengkak. Aisyah berkata, “Kenapa Anda melakukan semua ini wahai Rasulullah? padahal Allah telah mengampuni dosa sebelum dan sesudahnya” Beliau menjawab, “Apakah tidak boleh aku menjadi hamba yang bersyukur”. (HR. Bukhari: 4557 dan Muslim: 2820).

Bulan Ramadan ini, kata dia, bisa dijadikan sarana untuk lebih meningkatkan rasa syukur kepada Allah dengan cara terus meningkatkan kualitas puasa dan dalam meningkatakan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Sumber:http://www.duajurai.com/read/2015/06/25/berpuasa-menjadikan-umat-muslim-bersyukur.html

http://lampost.co/berita/berpuasa-menjadikan-umat-muslim-bersyukur

About admin

Check Also

WhatsApp Image 2021-11-14 at 17.31.24

Komunitas Mata Pena Selenggarakan Pendidikan Dasar

Bandar Lampung: Komunitas MataPena Fakultas Syari’ah Selenggarakan Pendidikan Dasar bertajuk “iGeneration: Sejarah Perlu Dituliskan” pada Kamis …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *