Berganti Nama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Gelar Wisuda Pertama

wisuda uin ku

Bandar Lampung: Ada hal yang berbeda pada perhelatan wisuda periode I tahun 2017. Pada wisuda pertama tahun ini, IAIN sudah resmi bertransformasi menjadi UIN Raden Intan Lampung.

Selain itu, prosesi wisuda yang akan berlangsung Kamis (20/4/2017), diagendakan akan di hadiri oleh sejumlah pejabat Negara seperti Sekjen Kementerian Agama, Gubernur Lampung, Kapolda Lampung, Danrem 043/Gatam, dan Kajati Lampung.

Ketua pelaksana wisuda, Dr. Syamsuri Ali, M.Ag mengatakan bahwa wisuda periode pertama ditahun ini merupakan  masa transisi alih status IAIN menjadi UIN Raden Intan Lampung.

“Dalam wisuda kali ini kita sudah resmi menggunakan UIN Raden Intan Lampung berdasarkan perpres nomor 38 tahun 2017 yang diundangkan   pada 7 April 2017,” Dr. Syamsuri Ali, M.Ag kata Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga tersebut saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/4/2017).

Syamsuri juga mengatakan bahwa wisuda kali ini akan dihadiri banyak tokoh-tokoh penting dan pejabat Negara. Hal ini mengingat apresiasi dan harapan dari banyak pihak atas transformasi IAIN menjadi UIN.

Meski telah beralih status menjadi UIN, segala proses administrasi dan akademik pada wisuda pertama ini masih menggunakan nama IAIN. Seperti yang dijelaskan WR I, persiapan dan perencanaan wisuda periode pertama disiapkan sebelum adanya perpres alih status yang diteken  oleh Presiden RI dan diundangkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Di tempat terpisah, Rektor UIN Raden Intan Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag menyampaikan rasa syukur atas wisuda kali ini karena terasa istimewa.

“Di samping peralihan status IAIN menjadi UIN dan banyak pejabat Negara yang akan hadir, di wisuda kali ini InsyaAllah juga akan dihadiri oleh pendiri dan Rektor pertama IAIN Raden Intan Lampung,” kata Rektor saat meninjau persiapan wisuda.

Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag menyampaikan, sebagai wujud dari pertanggungjawaban moral,  seluruh sivitas akademika ke depan  diharuskan memberikan komitmen terhadap tumbuh kembangnya UIN Raden Intan Lampung. Para wisudawan nantinya juga diharapkan turut serta dalam memajukan lembaga serta berkontribusi untuk bangsa dan Negara.

“Kami (sivitas akademika) memberikan garansi, memberikan komitmen bahwa UIN Raden Intan Lampung menjadi penjaga, pelestari, benteng dan pengembang Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin. Islam yang membawa kedamaian, Islam Nusantara, Islam berkemajuan untuk Indonesia jaya. Sekali lagi kami berkomitmen, Lembaga ini tumbuh, sejalan, seiring, dan ada di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Rektor.

Di wisuda periode I tahun 2017 ini, ada sebanyak 642 wisudawan yang terdiri dari lima fakultas dan program pascasarjana. Seperti yang diinformasikan sebelumnya, bahwa mulai tahun ini wisuda akan diselenggarakan sebanyak tiga kali dalam setahun. (NF/Humas)

About admin

Check Also

Hari Hutan Sedunia, Bentuk Cinta dan Peduli Terhadap Hutan

Siti Husnul HotimahAktivis Mata PenaHukum Keluarga Islam Apa itu hari hutan sedunia? Mengapa hari hutan …

Tinggalkan Balasan