Home / Berita Terkini / Asiknya Sistem Belajar di Kelas Internasional

Asiknya Sistem Belajar di Kelas Internasional

WhatsApp Image 2019-09-19 at 19.22.18

Asiknya  Sistem Belajar di Kelas Internasional

 Rizka Dianda Fadhillah

Mahasiswi Kelas Internasional

Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung disingkat UIN Raden Intan Lampung, merupakan sebuah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam tertua dan terbesar di provinsi Lampung. sebagai suatu Universitas, UIN Raden Intan Lampung selalu melakukan inovasi demi perkembangan di era teknologi Informasi ini. Salah satunya adalah seperti yang terdapat di Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung. Disana mahasiswa diberikan wadah untuk menjadi lulusan dengan mutu bertaraf  Internasional atau setaraf dengan mitra perguruan tinggi di luar negri, yakni program kelas Internasional.

Program ini tentu sistem pembelajarannya berbeda dengan kelas umum biasanya. Mahasiswa/i yang tergabung didalamnya mendapatkan materi pembelajaran dari pengajar-pengajar yang kompeten dan tidak sedikit dari pengajar dikelas Interasional ini yang berasal dari Lulusan Luar Negri seperti Dr. Alamsyah M.Ag  misalnya, dimana beliau selalu berbagi pengalamannya selama belajar di luar negeri sehingga para mahasiswa/i dapat merasakan indahnya pembelajaran di kanca internasional melalui cerita yang mereka dapatkan dan tentunya hal tersebut akan menimbulkan motivasi tersendiri bagi mahasiswa untuk belajar giat dan menumbuhkan keinginan untuk meneruskan pendidikan ke luar negeri.

Proses pembelajaran di dalam kelas internasional ini menggunakan pengantar Bahasa Inggris atau Bahasa Arab sehingga mahasiswa/i terbiasa untuk menggunakan bahasa internasional. Sistem yang digunakan saat pembelajaran adalah sistem diskusi dimana mahasiswa dituntut untuk berani mengutarakan pendapat sehingga dapat mengasah kemampuan publik speaking. Tak jarang ada beberapa pengajar yang meminta mahasiswa/i untuk memaparkan materi yang telah dipelajari layaknya seorang pengajar guna mengukur sejauh mana kemampuan/ilmu yang telah dipelajari dan dipahami. Tak hanya itu, seringkali mahasiswa/i yang tergabung dalam kelas tersebut memanfaatkan waktu luang untuk bertukar fikiran terkait fenomena alam ataupun sosial yang sedang ramai menjadi pembicaraan publik, hal tersebut tentunya akan memperkuat tali pertemanan antara satu dengan lainnya.

Dalam era teknologi yang semakin maju ini mahasiswa/i disuguhkan oleh sistem pembelajaran yang cukup maju, melalui e-learning misalnya. Disana mahasiswa/i dapat kembali mengulas pembelajaran yang telah dipelajri bersama dosen dan tentunya dengan adanya e-learning mahasiswa/i akan terbiasa untuk menggunakan teknologi modern dengan baik dan bermaanfaat.

Hal menarik lainnya adalah masa perkuliahan mahasiswa/i yang ditargetkan agar selesai dalam waktu 3,5 tahun. Dengan ditargetkan nya masa perkuliahan maka akan membuat mahasiswa/i terbiasa untuk melakukan sesuatu secara disiplin. Mahasiswa/i di kelas internasional pula selalu mendapatkan pantauan khusus dari pembimbing program kelas internasional mengingat program tersebut adalah program unggulan. Tak lupa tentunya mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengasah kreativitas dan bakat seperti membuat artikel, mempelajari tentang jurnal, dan mengikuti kompetisi debat kostitusi ataupun debat bahasa.

Misi selanjutnya dari program Fakultas Syari’ah adalah dikirmnya 10 mahasiswa untuk mengikuti kuliah kampous ASEAN serta  melanjutkan hubungan kerjasama ke universitas Brunei, Tailand, dan Malaysia.

Program ini tentunya memberikan benefit yang begitu banyak untuk para mahasiswa/i yang tergabung didalamnya. Karna dalam keseharian nya mahasiswa/i akan terus berlomba-lomba untuk mengasah kemampuan guna menjadi lulusan sarjana yang kreatif, bertaraf internasioal dan pengetahuan teknologi informasi yang baik.

About admin

Check Also

IMG_9033

Fakultas Syariah – Dua Pengadilan Agama Teken Kerjasama

Bandar Lampung: Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung melakukan penandatanganan MoU dengan dua Pengadilan Agama …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *